Sabtu, 05 Januari 2013

KTI Kecemasan BAB 7



BAB VII
KESIMPULAN DAN SARAN

7.1    Kesimpulan
          Dari hasil penelitian yang telah dilakukan selama 6 minggu dari tanggal 1 Juni s/d 15 Juli 2012 di RSU Provinsi NTB dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
a.       Dari 13 responden, tidak ada responden penelitian yang memiliki tingkat dukungan keluarga kurang dan cukup, terdapat 10 responden memiliki dukungan keluarga tingkat baik atau sekitar 76,92% dan responden yang memiliki dukungan keluarga sangat baik sebanyak 3 orang atau sekitar 23,07%.
b.      Dari 13 responden, terdapat responden yang mengalami cemas tingkat ringan sebanyak 6 orang (46,15%), cemas sedang sebanyak 5 orang (38,46%), cemas berat sebanyak 2 orang (15,38%), dan tidak ada responden yang mengalami panik serta tidak ada responden yang tidak mengalami cemas pre operasi apendisitis.    
c.       Ada hubungan signifikan antara dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi apendisitis di RSU Provinsi NTB tahun 2012.


7.2    Saran
a.       Bagi pasien pre operasi apendisitis
Bagi pasien yang mengalami kecemasan pre operasi apendisitis diharapkan berusaha mengungkapkan, mediskusikan, dan berbagi kepada keluarga tentang kecemasan yang dialaminya agar tercipta suasana emosional dan dukungan dari keluarga sehingga kecemasan yang dialami akan berkurang.
b.      Bagi keluarga pasien pre operasi apendisitis
Keluarga diharapkan memberikan dukungan sosial semaksimal mungkin kepada pasien berupa dukungan instrumental, dukungan informasional, dukungan penilaian (appraisal), dan dukungan emosional.
c.       Bagi tenaga perawat
Diharapkan memberikan dorongan untuk pengungkapan, harus mendengarkan dan harus memahami serta memberikan informasi yang membantu menyingkirkan rasa cemas pada pasien pre operasi apendisitis.
d.      Bagi RSU Provinsi NTB
Diharapkan meningkatkan mutu pelayanan di ruang rawat inap bedah dengan cara melibatkan keluarga dalam memberikan dukungan pada pasien yang akan menjalani operasi apendisitis.



e.       Bagi peneliti selanjutnya
Diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk meneliti hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi apendisitis secara mendetail dan menggunakan sampel yang lebih banyak.
f.       Bagi institusi pendidikan
Diharapkan untuk membekali mahasiswa dengan wawasan ilmu kesehatan yang luas dan memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa dalam penyusunan karya tulis ilmiah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar